Bagaimana Membangun Hubungan yang Baik dengan Supplier Lampu LED?

Menggunakan layanan dan membeli produk supplier tidak membuat Anda berada di posisi dominan yang dapat memberikan tuntutan pekerjaan berat kepada mereka. Banyak perusahaan berpikir saat mereka telah membayar, mereka dapat berlaku sesukanya. Tanpa disadari, hal ini akan menciptakan hubungan yang buruk dikemudian hari. Kita dapat melihat itu dari beberapa perusahaan yang tampaknya dapat masalah terkait supplier akhir-akhir ini.

Bagaimanapun, pendekatan Anda terhadap pemasok perlu menjadi bagian dari rencana strategis Anda, karena hampir setiap perusahaan, baik produk atau layanan, bergantung pada mereka. Sebenarnya, hubungan baik antara Anda dan mereka dapat menghasilkan keuntungan bagi kedua belah pihak. Harga yang menguntungkan, persyaratan yang mudah, dan bahkan penawaran spesial adalah keuntungan yang diperoleh perusahaan Anda. Hubungan ini juga akan mempermudah Anda dalam memilih supplier yang terpercaya, sehingga Anda tidak perlu membuang-buang waktu. Untuk itu, di bawah ini terdapat beberapa tips agar hubungan Anda dan supplier berjalan dengan baik.

Supplier LED

1. Bayar tepat waktu
Hal penting pertama dalam membangun hubungan yang baik dengan supplier adalah melakukan pembayaran tepat waktu. Mereka akan mengingat Anda sebagai pelanggan yang menepati janji, serta berkomitmen baik. Klien dengan riwayat pembayaran teratur dapat memperoleh harga lebih baik atau mendapatkan persyaratan yang mudah. Ini berarti, Anda akan memiliki waktu lebih lama untuk membayar.

2. Pelanggan mereka bukan hanya anda
Ingat, mereka tidak hanya melayani kebutuhan Anda saja. Di dunia yang penuh dengan persaingan ini, seorang supplier dituntut untuk memiliki kepercayaan dari berbagai pelanggan, agar nama mereka semakin besar. Yang perlu ada ketahui adalah mereka akan melakukan yang terbaik untuk Anda. Jadi, Anda tidak perlu khawatir tentang keberpihakan mereka dalam memberikan pelayanan. Mereka telah mengatur hal tersebut dengan cermat, agar tidak terjadi sesuatu yang tidak menyenangkan dikemudian hari.

3. Jangan salahkan mereka
Masalah sekecil apapun akan selalu ada. Yang terpenting adalah bagaimana cara kita menghadapinya. Saat supplier telah bekerja keras untuk memuaskan keinginan Anda. namun belum dapat memenuhi ekspektasi, Anda harus bertindak sebijaksana mungkin. Hal ini bertujuan untuk membina hubungan yang baik di kemudian hari. Daripada menyalahkan, lebih baik Anda mencari solusi dengan mereka. Ceritakan kekurangannya dan diskusikan.

4. Jadikan supplier sebagai teman
Hal ini berkaitan dengan sifat manusia. Kita akan lebih nyaman bekerja dengan orang yang kita sukai. Bila Anda memiliki hubungan yang baik dengan supplier, melakukan pemesanan melalui telepon bukan hanya menjadi panggilan bisnis, tetapi kesempatan untuk menikmati percakapan. Orang biasanya bersedia berbuat lebih banyak untuk “teman” daripada seseorang yang mereka kenal dengan nomor akun perusahaan. Memiliki hubungan yang baik dengan supplier dapat memberikan akses terhadap produk tertentu atau bahkan mendapatkan harga yang lebih baik.

5. Sampaikan kebutuhan anda
Saat Anda telah menjadi pelanggan yang membayar tagihan tepat waktu, ramah dan menghargai pekerjaan mereka, Anda akan lebih mudah menyampaikan hal-hal yang Anda butuhkan. Tanya dan bicarakan apapun mengenai permasalahan Anda, seperti Apakah iklan produk Anda dapat dipublikasikan menurut timeline yang telah dibuat sebelumnya? Ini sangat penting, mengingat kebutuhan Anda adalah salah satu prioritas mereka.

6. Buat pekerjaan mereka lebih mudah.
Beri supplier Anda waktu tunggu yang memadai dan komunikasikan kebutuhan secara berkelanjutan. Hal ini akan memberikan mereka ruang untuk berpikir, sehingga Anda akan mendapatkan hasil yang terbaik. Jangan harap mereka akan selalu mengantisipasi kebutuhan Anda. Apa yang Anda minta mungkin cukup berbeda, sehingga membutuhkan lebih banyak waktu, atau bahkan mereka belum memiliki barang tersebut di tempat persediaan.

7. Laporkan kerusakan dengan dokumentasi pendukung
Saat telah menerima barang yang dipesan, apakah Anda menemukan sesuatu yang mengecewakan seperti kerusakan pada salah satu sisinya? Segera laporkan ini kepada supplier Anda. Pastikan juga membawa dokumentasi pendukung, agar tidak terjadi kesalahpahaman.

8. Bersiaplah untuk meninjau dan menegosiasi ulang persyaratan perdagangan
Hal-hal yang telah Anda sepakati bersama supplier dapat berubah, seiring dengan kebutuhan dan kondisi yang terjadi dari waktu ke waktu. Contohnya, saat Anda mengubah lokasi acara yang memakai LED Videotron. Otomatis, ukuran LED pun akan berubah, menyesuaikan dengan ukuran ruangan yang baru. Begitu juga dengan harganya.

Nah, itu dia tadi cara-cara yang tepat untuk membangun hubungan yang baik dengan supplier Anda. Membangun hubungan baik dengan mereka bukanlah sesuatu yang sulit. Anda hanya perlu komunikatif, perlakukan mereka dengan adil dan membayar tepat waktu.

Jika Anda belum berpengalaman dalam mencari supplier Videotron yang terpercaya dan berkualitas, Anda dapat menghubungi Maxgo yang memiliki lebih dari 100 produk LED atau kunjungi www.maxgo.co.id untuk melihat katalog produk yang Anda butuhkan.