Persaingan Jual Nama Produk Melalui Videotron LED

Pada saat memulai bisnis baru atau menjalankannya untuk beberapa lama, Anda akan memiliki strategi yang dapat membantu Anda memaksimalkan tingkat keberhasilan di pasar. Saat ini, banyak strategi yang ditawarkan untuk meningkatkan penjualan, seperti membangun hubungan dengan pelanggan, mendengarkan kebutuhan mereka, melakukan usaha terbaik untuk memberikan layanan yang memuaskan dan menggunakan kekuatan internet untuk membangun identitas merk perusahaan.

Banyak perusahaan menghabiskan uang dengan jumlah besar untuk menciptakan identitas merek, sehingga perusahaan pemula akan merasa tidak dapat melakukan apapun akan itu. Di Indonesia, kita dapat melihat kesuksesan suatu brand awareness pada merk air minum kemasan Aqua. Aqua telah memasuki kontinum top of mind (puncak pikiran). Seorang konsumen akan secara spontan menyebutkan Aqua di kesempatan pertama pembelian air mineral, meskipun produk yang dijual adalah merk lain.

Di satu sisi, ini adalah strategi terbesar dari semua perusahaan. Anda mungkin berpikir, bahwa perusahaan-perusahaan tersebut dapat mencapai kesuksesan, karena mereka dapat mengeluarkan banyak uang. Namun, yang terjadi adalah usaha kecil dan menengah bisa menuai keuntungan yang sama dengan berinvestasi dalam penciptaan identitas merek yang kuat. Dan, coba tebak? Anda tidak perlu mengeluarkan jutaan rupiah untuk sampai ke sana. Ini semua berkisar pada strategi pemasaran dan penggunaan alat media, salah satunya adalah videotron.

Billboard elektronik atau yang biasa disebut videotron digunakan untuk menyampaikan pesan iklan dan informasi. Tidak seperti monitor LCD yang digunakan pada laptop dan smartphone, videotron menggunakan cluster lampu emitting light (LED) yang sangat efisien dan sangat terang untuk menampilkan citra berwarna penuh. Bergantung pada pertimbangan peraturan dan teknis. Konten yang ditampilkan di dalamnya merupakan rangkaian slide, info grafis, urutan video atau animasi berkualitas siaran dan kombinasi keduanya. Videotron dapat membantu bisnis Anda mencapai tingkat popularitas yang tinggi, mengingat penempatan lokasinya yang dapat berubah-ubah. Anda dapat menyesuaikan tempat pemasangan berdasarkan target pasar yang dituju.

Kesadaran akan penggunaan media iklan videotron ini teah dilakukan oleh berbagai perusahaan, sejak televisi tidak lagi menarik minat para target pasar. Minimnya edukasi dalam siaran televisi dan internet yang kian hari makin menghibur adalah alasan-alasan utama beralihnya penonton. Hal ini telah berefek pada berkurangnya kesenjangan yang tinggi antara media promosi perusahaan besar dan pedagang kelas menengah. Kini, setiap produk bisa dipromosikan di mana saja dan kapanpun, tanpa perlu memaksimalkan pengeluaran perusahaan dengan jumlah besar.

Efek berantai tidak berhenti pada berkurangnya kesenjangan antara perusahaan besar dan pedagang kelas menengah saja. Mereka secara bertahap saling unjuk ide dan kekreatifitasan untuk mendapatkan perhatian target pasar, seperti berikut ini :

Nego Cincai – Buka Lapak

Buka Lapak Di Nego Aja Say

Google Chrome Campaign

“Dinego aje say, pasti bisa say..” Iklan yang dikeluarkan oleh Tokopedia dalam edisi Nego Cincai Imlek ini memiliki konten yang menarik dan melekat di dalam pikiran dalam satu kali dengar.

AQUA – Gerakan Unjuk Tangan

Selain berguna untuk mempromosikan produk, videotron juga mampu mempromosikan kampanye yang dilakukan oleh perusahaan Anda. Seperti brand air minum kemasan Aqua dengan gerakan #1UNTUK10.

Aqua 1 untuk 10

Mungkin Anda mengenal Samsung dan Apple. Dua perusahaan besar ini memilik pasar yang besar dengan kekuatan masing-masing. Mereka saling unjuk gigi untuk merebut posisi nomor satu sebagai perusahaan yang memiliki kekuatan terbesar. Ya, strategi komparatif telah banyak diaplikasikan beberapa merek ternama, seperti Microsoft VS Google Chrome, Xbox One Vs. PlayStation 4, dan beberapa lainnya.

JAGUAR VS MERCEDES-BENZ
Mercedes-Benz memulai kampanye iklan viral pada bulan September 2013 untuk menampilkan Intelligent Drive Magic Body Control mereka yang menjamin kenyamanan berkendara dengan optimal. Pesan yang ingin mereka sampaikan adalah “Apa yang dimiliki ayam dan Mercedes-Benz? Stabilitas setiap saat”

Jaguar & Mercedes

3 bulan setelah iklan tersebut dikeluarkan, Jaguar memutuskan untuk menantang iklan ayam Mercedes-Benz dengan iklan “Jaguar vs. Chicken” yang mereka buat. Mereka menggunakan konsep ayam serupa dengan kestabilannya di seluruh video, namun dengan sentuhan kalimat “Magic Body Control? Kita lebih menyukai refleks seperti kucing, bukan? ” pada akhir video.

MICROSOFT VS GOOGLE CHROME

Microsoft dan Google terus mencari cara untuk mendapatkan perhatian masyarakat. Pada bulan Maret 2013, Google merilis sebuah iklan berjudul Chrome: Now Everywhere untuk mempromosikan browser mereka.

Chickecken in Jaguar vs Mercedes

2 bulan kemudian, Microsoft muncul di permukaan dengan sebuah kampanye iklan berjudul Scroogled untuk memperingatkan pengguna Chrome akan pelanggaran privasi mereka. Microsoft memparodikan iklan tersebut dengan merilis sebuah iklan berjudul Microsoft Internal Google Chrome Bouncing Ball Now Everywhere, mengklaim bahwa Chrome melacak semua yang mereka lakukan.

Chrome vs Mozilla

Google menanggapi dengan beberapa komentar cerdas, dengan mengatakan bahwa “usaha terbaru Microsoft tidak mengherankan; Persaingan di ruang dpt dipakai benar-benar memanas. “Google juga menyarankan agar sementara Microsoft sibuk menjual t-shirt, Google bekerja keras di Google Glass.
So interesting, right?