Siapkan 10 Pertanyaan Ini Sebelum Bertemu Supplier Videotron

Pada saat akan menghadiri wawancara kerja, Anda membutuhkan persiapan dan mental yang cukup, agar keesokan harinya dapat menjawab pertanyaan yang diberikan dengan lancar. Melalui pertanyaan-pertanyaan yang Anda jawab tersebut, seorang manager perusahaan akan menentukan, apakah Anda pantas mengisi posisi yang mereka butuhkan atau tidak. Nah, kondisi yang sama dapat terjadi saat Anda sedang memilih pemasok yang tepat bagi perusahaan. Pemasok atau supplier adalah seseorang atau perusahaan yang secara berkelanjutan menjual barang. Biasanya barang tersebut bukanlah untuk dijual lagi, tapi lebih kepada pendukung kegiatan usaha.
Pemasok merupakan komponen penting dalam kesuksesan perusahaan Anda. Keputusan yang mereka buat dan bagaimana mereka menjalankan bisnis akan mempengaruhi apapun yang Anda kerjakan. Jika Anda sedang mencari supplier untuk videotron, Anda membutuhkan pertanyaan-pertanyaan ini sebagai pedoman awal mencari pemasok yang tepat. Jawaban atas pertanyaan-pertanyaan ini akan menjadi bagian penting dalam memilih siapa supplier yang akan Anda ajak untuk bekerja sama, bagaimana Anda akan bermitra bersama dan apakah mereka akan bisa dipercaya pada saat dibutuhkan.

Untuk membantu Anda menjadi pembeli yang pintar, di bawah ini terdapat beberapa pertanyaan yang harus dijawab sebelum Anda melakukan proses selanjutnya.

1. Apakah supplier Anda memiliki diskon?

Kebanyakan supplier akan memberikan potongan harga saat Anda membeli barang dalam jumlah yang banyak, karena hal ini bukan saja menguntungkan Anda, tetapi juga mereka. Pesanan yang lebih banyak akan memungkinkan gudang mereka bekerja dengan efisien.

2. Berapa jumlah uang yang harus saya keluarkan?
Total biaya adalah hal terpenting yang harus Anda miliki. Tentu saja Anda telah membanding-bandingkan harga supplier yang satu dengan lainnya untuk mencari yang paling tepat, namun jika Anda harus menambahkan tarif pengiriman yang tinggi, biaya yang Anda keluarkan akan tidak murah lagi.

Mintalah biaya pengiriman kepada mereka dan kemudian dapatkan total harga perkiraan pengiriman. Beberapa pemasok akan memiliki biaya tambahan untuk hal-hal seperti palet, kemasan, label, atau biaya penanganan. Pastikan Anda meminta total biaya pemesanan dan semua hal “ekstra” ini sebelum melakukan pengiriman.

3. Apa saja syarat pembayaran yang harus saya ikuti?
Banyak pemasok industri atau bisnis menawarkan persyaratan kredit. Persyaratan ini mungkin 15, 30 atau 60 hari tergantung pada standar yang telah ditetapkan. Ini berarti, sampai jumlah total tertentu, Anda akan ditagih untuk barang yang dipesan dan akan melakukan pembayarannya nanti.

Pemasok lain mungkin memerlukan uang pengiriman tunai (COD), atau pra-pembayaran dengan cek, transfer atau kartu kredit sebelum Anda memesan. Hal ini harus Anda ketahui, sehingga Anda tahu yang harus dilakukan saat proses pembayaran.

4. Apakah biaya saya akan berubah sewaktu-waktu?

Beberapa produk memiliki harga yang tetap sama selama bertahun-tahun. Contohnya, beras memiliki harga yang selalu berubah karena produknya adalah komoditas. Diskusikanlah hal ini dengan supplier Anda tentang perubahan pasar seperti apa yang akan membuat harga videotron naik atau turun. Tanyakan kepada mereka sebanyak mungkin pertanyaan untuk belajar tentang pasar komoditas untuk produk Anda, jadi Anda tahu fluktuasi jenis apa yang dapat diharapkan.

5. Apakah saya mendapatkan garansi atas barang yang saya pesan?

Setiap pemasok industri harus dapat memberi Anda garansi akan suatu barang yang Anda pesan. Garansi ini adalah sesuatu yang bisa melindungi bisnis Anda jika ada produk rusak atau masalah lainnya. Penting agar mendapatkan bukti garansi dari pemasok manapun, di setiap industri yang Anda beli.
Contohnya, pada saat Anda membeli videotron, Anda harus tahu berapa tahun masa garansinya atau apakah yang akan dilakukan supplier, jika terjadi sesuatu kerusakan atau hal lain yang tidak diinginkan.

6. Apakah supplier memiliki paket produk yang lengkap?

Seringkali, Anda mungkin sangat fokus pada produk yang sedang dibutuhkan, sehingga tidak memikirkan produk lain yang dapat disediakan oleh supplier. Ini adalah praktik yang baik untuk selalu meminta lini produk mereka sepenuhnya saat memulai percakapan, sehingga Anda dapat menjadikan mereka sebagai pilihan utama atau alternatif saat membutuhkan barang dalam waktu yang berbeda. Periksa lagi, apakah ada produk lain yang Anda butuhkan?

7. Apakah supplier update terhadap produk-produk terbaru?

Selain mendapatkan harga yang terbaik, Anda juga membutuhkan produk-produk terbaru yang dapat menunjang kebutuhan perusahaan. Untuk itu Anda membutuhkan supplier yang selalu memiliki info barang dengan kualitas terbaru. Sehingga, mereka akan tanggap untuk segera menginformasikan hal tersebut kepada Anda.